HENTIKAN KERUGIAN ANDA SEKARANG JUGA

No comment 36 views
banner 160x600

Dari dulu sampai saat ini kerugian didalam bisnis bukanlah hal yang baru pernah kita temui, di setiap bidang bisnis pasti ada kerugian dan keuntungan yang dapat di alami oleh para pebisnis. Di saat sekarang ini, kualitas yang sangat penting dari sebuah bisnis yang sukses adalah fleksibilitas. Dengan adanya ledakan teknologi dan ilmu pengetahuan, juga dengan pertumbuhan yang tinggi dari pengaruh persaingan baik dari dalam dan luar negeri. Sekarang ini produk-produk, proses-proses, layanan-layanan, pasar, dan konsumen telah mengalami perubahan yang sangat pesat dari hari kehari, membuat kompetisi bisnis semakin ketat dan semakin menarik.
Jadi tinggal bagaimana Anda sebagai pebisnis, memiliki fleksibilitas untuk menghadapi perubahan yang ada untuk menjaga kesehatan dan kesuksesan bisnis Anda. Saat ini banyak pebisnis hanya berjuang untuk tetap bertahan didalam bisnis yang mereka sedang jalankan dan hanya cukup bertahan dari hari kehari, mereka mulai kehilangan gairah, namun tidak tahu apa yang harus dilakukan selain dari apa yang biasa mereka telah lakukan selama ini, padahal mereka tidak perlu melakukan hal tersebut, oleh karena masih banyak cara yang dapat ditempuh, dengan melakukan latihan-latihan yang saya akan berikan di artikel ini.
Mengetahui Apa yang Anda Ketahui Saat Ini
Setelah Anda menjalankan bisnis selama ini, pasti Anda telah memiliki banyak sekali pengalaman-pengalaman yang membuat Anda lebih baik dan ahli dalam menjalankan bisnis yang sedang Anda geluti. Namun bila bisnis Anda sedang mengalami goncangan ataupun sedang mengalami penurunan keuntungan, mungkin hal yang paling penting yang harus Anda miliki adalah fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi untuk menghadapi titik paling kritis yang dapat menjatuhkan bisnis Anda, jika tidak, Anda akan tertarik semakin dalam dan semakin tidak berdaya.
Pemikiran yang Paling Dasar
Bila Anda mengalami kemunduran dalam bisnis Anda. Anda harus melakukan ini: berhenti, berdiri sejenak, mulai melihat bisnis Anda secara objektif, mempelajari secara keseluruhan, berfikir tentang kelangsungan bisnis Anda. Setiap saat Anda dapat menanyakan hal ini pada diri Anda: “Adakah sesuatu yang saya lakukan saat ini, jika/setelah saya mengetahuinya dengan pengetahuan yang saya miliki sekarang, jika saya harus memulainya lagi dari awal, apa yang saya tidak akan lakukan?”. Pertanyaan ini akan membuat Anda berfikir diluar dari “kotak”, terkadang kita tidak dapat berfikir lebih baik ketika kita berada didalam bisnis, karena terlalu sibuk dan harus menjalani rutinitas yang telah kita lakukan selama bertahun-tahun. Bila Anda telah menentukan/menemukan apa yang tidak akan Anda lakukan lagi, Anda akan terkejut, bahwa apa yang Anda tidak ingin lakukan, hanyalah sebuah pekerjaan yang sia-sia atau bahkan hanya membuat rugi bisnis Anda. Salah satu contoh: seorang pengusaha menjual suatu jenis barang, namun karena persaingan harga dengan kompetitornya, dia mulai menjual barang tersebut dengan harga sangat murah, tanpa mendapatkan untung sama sekali bahkan terkadang dijual rugi dari jenis barang tersebut, namun karena keasikan berperang harga sehingga dia lupa bahwa barang tersebut telah menggrogoti profit perusahaan.
Satu Pertanyaan Untuk Semua
Adakah sebuah kegiatan atau proses bisnis yang, setelah tahu apa yang Anda ketahui saat ini, yang tidak akan Anda lakukan lagi saat ini/mulai dari sekarang?
Adakah suatu pengeluaran, metode, atau prosedur didalam pengendalian bisnis Anda yang, setelah tahu apa yang Anda ketahui saat ini, yang tidak akan Anda lakukan lagi saat ini/mulai dari sekarang?
Adakah orang didalam bisnis Anda yang tidak akan Anda pekerjakan kembali saat ini, setelah tahu apa yang Anda ketahui saat ini?
Adakah seseorang didalam bisnis Anda yang tidak akan Anda promosikan, atau tugaskan, atau Anda berikan tanggung jawab, setelah tahu apa yang Anda ketahui saat ini?
Adakah sebuah bisnis yang sedang Anda jalankan yang tidak akan Anda jalankan lagi, setelah tahu apa yang Anda ketahui saat ini?
Adakah customer Anda yang tidak akan Anda jadikan customer, setelah tahu apa yang Anda ketahui saat ini?
Adakah sebuah tindakan yang tidak akan Anda lakukan lagi , setelah tahu apa yang Anda ketahui saat ini?
Mulai Lagi Dari Titik Nol
Salah satu cara untuk menentukan dimana Anda harus menghentikan kerugian Anda dengan cara yang satu ini. Bayangkan Anda disuatu pagi mendapatkan perusahaan Anda habis terbakar, tak satupun tersisa, semua hancur, semua hilang, yang Anda temukan hanya, tanah kosong.
Berita baiknya adalah Anda melihat seluruh karyawan Anda berdiri diseberang jalan, dalam keadaan baik-baik, tak ada yang terluka. Mereka hanya terlihat kaget dan sedih sambil memandangi kantor yang telah lenyap dilahap oleh api. Disekitar sana ada banyak kantor-kantor yang tersedia yang dapat Anda gunakan dengan segera untuk memulai bisnis baru Anda, bisnis apa yang akan Anda mulai? Dan apa yang akan Anda lakukan dengan berbeda? Siapa yang akan Anda tetap pekerjakan? Siapa yang akan Anda pekerjakan? Siapa partner Anda? dll.
Jangan di Tunda-Tunda
Jika setelah Anda mengevaluasi bisnis Anda, dan Anda memutuskan untuk mengecilkan, mengurangi, menghentikan atau mengeliminasi sesuatu, atau seseorang untuk menyelamatkan bisnis Anda, Anda harus lakukan dengan segera. Jangan ditunda-tunda. Bila Anda menunda-nundanya, Anda akan semakin kehilangan/merugi. Jangan tunda-tunda! Segala pengeluaran yang tidak menguntungkan dan hilangkan segala aktifitas yang tidak menguntungkan.
Fokuslah pada kegiatan-kegiatan, orang-orang, jasa-jasa atau produk-produk yang menghasilkan, semakin Anda fokus kepada hal-hal yang memberikan keuntungan yang lebih banyak, semakin sukses bisnis Anda.

banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "HENTIKAN KERUGIAN ANDA SEKARANG JUGA"