EKONOMI KREATIF DI TAHUN 2020

No comment 194 views
banner 160x600

Oleh :SutionoGunadi
Lebih dariempat tahun sejak akhir dari era resesidunia 2008-2009, kini sejumlah sector dari ekonomi kreatif mulai bertumbuh lagi. Efek dari resesi dunia sangat jelas bila Anda membandingkan aras tenaga kerja di tahun 2001 terhadap 2006, tahun di manat enaga kerja pada industry kreatif berhasil mencapai puncaknyas ebelum awal resesi dunia. Kabar gembiranya, meski di tahun 2010 banyak pekerjaan hilang di banyak sector dan mencapai titik terendah, di tahun 2011 mulai tampak bertumbuh kembali.
Tulisan ini mencoba menerawang ketahun 2020 untuk memberikan gambaran proyeksi peningkatan tenaga kerja di sector kreatif.
Sektor yang paling menonjol dalam perekonomian adalah pengeluaran konsumtif dan investasi di perumahan / property. Disamping itu peningkatan ekspor juga terus menjadi factor penunjang yang utama dalam perbaikan perekonomian. Sektor lain yang mulai bertumbuh adalah pengeluaran di sector bisnis untuk peralatan kantor dan perangkat lunak komputer.
Satu hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama, bahwa jumlah tenaga kerja di sector kreatif diperkirakan akan bertumbuh pada laju yang lebih lamban dari pada laju pertumbuhan perekonomian secara keseluruhan. Pertimbangan ini tampak pada sector manufaktur dan retail dari ekonomi kreatif. Secara jangka panjang perubahan di sector kreatif, manufaktur, khususnya industry tekstil dan pakaian, sepatu, furniture dan mainan anak-anak, akan bergeser ke negara yang mampu memanfaatkan upah buruh rendah, seperti China, dan negara-negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin.
Pemulihan yang timbul di pasar perumahan akan meningkatkan permintaan pada jasa arsitektur, interior dan rancang landskap. Pengeluaran di sektor furniture, peralatan rumah dan perlengkapan penerangan akan meningkatkan jumlah tenaga kerja di sector rancang (design), retail dan grosir pada industry kreatif. Sejalan dengan peningkatan pasar tenaga kerja dan pendapatan para pekerja, pembelanjaan akan meningkat pada sector pakaian, mainan anak-anak dan permainan video. Peningkatan keuangan keluarga akan meningkatkan kunjungan pada teater, konser dan pertunjukan kesenian.
Media digital diperkirakan akan bertumbuh tercepat di antara tahun 2011 dan 2015, dengan permintaan paling kuatuntuk permainan video, telepon pintar (smartphone) dan computer tablet, yang ketiganya diharapkan membuat laju pertumbuhan paling sehat.
Rancang industry / produk diprediksikan juga dapat bertumbuh, tingkat konsumsi yang meningkatakan menimbulkan peningkatan permintaan terhada pproduk yang unikdan dirancang dengan baik. Jumlah tenaga kerja di bidang industry ini diharapkan menunjukkan pertumbuhan yang kuat.
Hiburan juga akan bertumbuh kuat, perbaikan mengalir dari negara-negara yang memiliki industry perfilman yang mapan. Sektor hiburan lain yang berkaitan dengan industry ini adalah aktivitas setelah produksi juga akan berkembang.
Rancang arsitektur / interior, tenaga kerja akan meningkat terkait dengan pertumbuhan pada konstruksi perumahan dan non-perumahan, sejalan dengan pertumbuhan pasar tenaga kerja dan naiknya pendapatan pribadi pekerja.
Laju pertumbuhan juga diproyeksikan untuk penyelenggara pertunjukan kesenian, seni komunikasi, dan galeri seni. Pertunjukan kesenian dan galeri seni mendapatkan keuntungan dari naiknya aras pendapatan para pekerja. Hal ini akan meningkatkan tenaga kerja di bidangartis, penulis dan manajernya.
Proyeksi pertumbuhan pekerjaan di bidang seni komunikasi mengkombinasikan peningkatan di bidang biro iklan dan industry rancang grafis. Para perancang grafis akan dipekerjakan oleh industry besar. Pekerjaan untuk rancang grafis diproyeksikan bertumbuh di rancang system computer dan di manajemen, sains dan jasakonsultasi teknik.

banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "EKONOMI KREATIF DI TAHUN 2020"